Mari Permisi

Sepintas mungkin ada yang bertanya-tanya, apa maksudnya?

Ya, ‘Mari Permisi’ adalah semacam ajakan bagi kita semua, para blogger, untuk mengisi blognya dengan mengikutsertakan sumber tulisan, kalau memang meng-copy paste dari blog lain. Dalam dunia tulis menulis, terutama yang akademik di sekolah atau kampus, aturan ini sangat ketat. Bahkan sekedar menuliskan satu kalimat pun, kalau memang dari kalimat dalam buku atau sumber lain, wajib hukumnya disertakan.

Mengapa saya menuliskan ini? 
Dalam beberapa googling saya di search engine Google, saya menemukan banyak tulisan yang sama persis, namun tidak ada penyertaan sumber. Saya tahu beberapa tulisan ditulis asli di blog ‘Anu’. Jadi saya perhatikan, kok tidak ada tulisan sumber dari mana, siapa yang menulis? Meskipun mungkin si penulis tidak keberatan dengan tulisan yang di-copy paste tanpa permisi, tapi sebagai blogger mari mulai dari sekarang kita meng-copy dengan cara yang sah. Kecuali dalam keterangan tulisan itu boleh di-copy tanpa perlu cantuman nama atau sumbernya. 

Coba bayangkan kalau kita menulis satu buah artikel, bahkan perlu riset supaya bagus, dan perlu waktu sampai beberapa hari supaya tulisan kita enak dibaca, tiba-tiba di-copy orang tanpa menuliskan (blog) kita sumbernya.

Atau paling tidak kita menghargai usaha para penulis, dengan sedikit “menyisihkan” tenaga dengan menyertakan sumbernya. 

Caranya?
Gampang. 

Tulis saja di bawah tulisan tersebut sumbernya dari mana. Itu saja. Atau paling tidak, kalimat “disarikan dari berbagai sumber” menjadi kalimat alibi kita ketika mencampur banyak tulisan, kecuali yang 100% asli dari sumber lain. 

Atau kalau mau lebih lengkap, kirim pesan di chatboxnya blog itu, kalau kita copy tulisannya. Saya yakin pemilik blog juga akan senang dan mempersilakan. Jadi selain ada pertanggungjawaban moral juga kita menambah kawan sesama blogger. 

Atau kalau kita terinspirasi sebuah tulisan dan ingin membuat sejenis tulisan itu, kembangkan saja tulisan dengan kata-kata yang lain. Jangan satu paragraf sama persis dengan tulisan yang lain dan kita tulis kita sebagai penulisnya. Jangan sampai blog kita dikenal karena copy-paste materi kawan blogger lainnya tanpa permisi. 

Kalau mau, silakan share tulisan ini ke kawan blogger lainnya. Selamat mempraktekkan.
[Blog Kindo]
Previous
Next Post »

2 komentar

Write komentar
Fadilah
AUTHOR
12 Maret 2011 12.32 delete

Oss.
itu penting.
jangan besar blog karena nyontek.
asal pake sumber, itu terpuji.
jangan kaya yang bikin Antivirus ngakunya dia bikin sendiri tapi ternyata nyontek dan gak dicantumin.jadinya kan ribet.
ossh...

Reply
avatar
Blog Kindo
AUTHOR
23 Januari 2015 10.18 delete

@ Fadilah12 Maret 2011 12.32 = terima kasih sudah berkunjung..

Reply
avatar