Pelajaran selanjutnya setelah belajar kihon adalah kata. Mempelajari kata setahap demi setahap. Dari kata dasar sampai kata lanjutan dengan tingkat teknik yang lebih sulit. Kata dasar meliputi kata 1 (satu) sampai kata 5 (lima), dari Heian (Pinan) Shodan sampai Heian (Pinan) Godan.

Dalam silabus shotokan setelah Master Gichin Funakoshi meninggal, JKA di bawah Shihan Masatoshi Nakayama membuat silabus tersendiri yakni tidak memasukkan kata Teikyoku dan Ten No Kata yang sempat diajarkan di dalam silabus Shotokan. Seluruhnya kata yang sekarang di dalam aliran Shotokan berjumlah 26 buah kata yang meliputi kata dasar dan kata lanjutan.

Untuk mempelajari kata dibutuhkan keseriusan dan komitmen dari karateka. Master Gichin Funakoshi mengatakan butuh waktu 3 tahun untuk 1 kata. Sebab kata tidak sekedar kumpulan gerakan-gerakan dasar, namun juga dalam kata merupakan karate itu sendiri. Bagi yang sudah mempelajari ke dalam inti nilai kata, kata bukan lagi sekedar hafalan gerakan. Namun juga kata sudah menjadi senjata-senjata efektif dalam pertarungan nyata. Meski untuk hal ini hanya sedikit orang yang mampu mempelajarinya.

*Rjpntr