Kata

(bola.liputan6.com)
Pelajaran selanjutnya setelah belajar kihon adalah kata. Mempelajari kata tidak bisa semerta-merta langsung pada tingkatan yang lebih tinggi. Kata di dalam shotokan dimulai dari kata dasar dan setelah menguasai kata dasar, maka selanjutnya mempelajari kata lanjutan dengan tingkatan yang lebih sulit. Kata dasar meliputi kata 1 (satu) sampai kata 5 (lima), yang dalam bahasa Jepangnnya disebut Heian. Kata dasar ini meliputi Heian Shodan, Heian Nidan, Heian Sandan, Heian Yondan, dan Heian Godan.

Dalam silabus shotokan setelah Master Gichin Funakoshi meninggal, JKA di bawah Shihan Masatoshi Nakayama membuat silabus tersendiri yakni tidak memasukkan kata Teikyoku dan Ten No Kata yang sempat diajarkan di dalam silabus shotokan. Seluruhnya kata yang sekarang di dalam aliran shotokan berjumlah 26 buah kata yang meliputi kata dasar dan kata lanjutan.

Untuk mempelajari kata dibutuhkan keseriusan dan komitmen dari karateka. Sebab kata tidak sekedar kumpulan gerakan-gerakan dasar, namun juga dalam kata merupakan karate itu sendiri. Bagi yang sudah mempelajari ke dalam inti nilai kata, kata bukan lagi sekedar hafalan gerakan. Namun juga kata sudah menjadi senjata-senjata efektif dalam pertarungan nyata. Meski untuk hal ini hanya sedikit orang yang mampu mempelajarinya.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.